SELAMAT DATANG DI DESA GENTONG KECAMATAN PARON KABUPATEN NGAWI

Artikel

Ngopi "Ngobrol Pintar" Kearifan Lokal yang hampir punah.

07 Desember 2022 17:18:21  Administrator  192 Kali Dibaca  Berita Desa

Gentong.desa.id - Banyak cara dilakukan masyarakat Desa Gentong, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi dalam mengisi waktu luang, utamanya setelah seharian kerja. Dari yang mengisi waktu luang dengan menonton TV, berkumpul dengan keluarga, atau berkumpul dengan teman sekitar tempat tinggal.

Salah satunya dilakukan warga Gang Baru Dusun gentong kidul. Selepas sholat isya' di masjid Al-Ikhlas, warga masyarakat sekitar biasanya berkumpul di salah satu teras warga untuk sekedar bercanda atau ngobrol seputar kehidupan. 

Biasanya, kebiasaan itu di lakukan warga untuk membuang penat serta rasa letih setelah kerja atau sekedar ngobrol. Biasanya, jagongan atau ngobrol-ngobrol ini didominasi kehadiran bapak-bapak atau remaja pria. Mereka sangat menikmati kegiatan tersebut hingga menjadi kegiatan rutin saat cuaca mendukung.

Basuki salah satu warga yang sering hadir dalam kegiatan tersebut menuturkan dampak positif dari jagongan. Ia menilai bila jagongan dapat merekatkan tali silaturahmi dan berdampak terciptanya kerukunan di lingkungan. Selain itu, rasa kegotongroyongan juga tercipta karena terjalinnya komunikasi yang baik. 

Kebiasaan tersebut juga mendapat dukungan dari pejabat desa setempat. Mukhlis misalnya, selaku perangkat desa setempat menilai bila kegiatan tersebut bagian dari tradisi masyarakat Jawa, sehingga perlu di lestarikan. Namun, ia berpesan untuk tidak jagongan terlalu larut malam, karena dapat berpengaruh pada kesehatan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

 Aparatur Desa

Back Next