SELAMAT DATANG DI DESA GENTONG KECAMATAN PARON KABUPATEN NGAWI

Artikel

Ngopi "Ngobrol Pintar" Kearifan Lokal yang hampir punah.

07 Desember 2022 17:18:21  Administrator  209 Kali Dibaca  Berita Desa

Gentong.desa.id - Banyak cara dilakukan masyarakat Desa Gentong, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi dalam mengisi waktu luang, utamanya setelah seharian kerja. Dari yang mengisi waktu luang dengan menonton TV, berkumpul dengan keluarga, atau berkumpul dengan teman sekitar tempat tinggal.

Salah satunya dilakukan warga Gang Baru Dusun gentong kidul. Selepas sholat isya' di masjid Al-Ikhlas, warga masyarakat sekitar biasanya berkumpul di salah satu teras warga untuk sekedar bercanda atau ngobrol seputar kehidupan. 

Biasanya, kebiasaan itu di lakukan warga untuk membuang penat serta rasa letih setelah kerja atau sekedar ngobrol. Biasanya, jagongan atau ngobrol-ngobrol ini didominasi kehadiran bapak-bapak atau remaja pria. Mereka sangat menikmati kegiatan tersebut hingga menjadi kegiatan rutin saat cuaca mendukung.

Basuki salah satu warga yang sering hadir dalam kegiatan tersebut menuturkan dampak positif dari jagongan. Ia menilai bila jagongan dapat merekatkan tali silaturahmi dan berdampak terciptanya kerukunan di lingkungan. Selain itu, rasa kegotongroyongan juga tercipta karena terjalinnya komunikasi yang baik. 

Kebiasaan tersebut juga mendapat dukungan dari pejabat desa setempat. Mukhlis misalnya, selaku perangkat desa setempat menilai bila kegiatan tersebut bagian dari tradisi masyarakat Jawa, sehingga perlu di lestarikan. Namun, ia berpesan untuk tidak jagongan terlalu larut malam, karena dapat berpengaruh pada kesehatan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

26 Agustus 2022 | 129 Kali
RKP Desa "membangun prioritas desa"
07 Desember 2022 | 209 Kali
Ngopi "Ngobrol Pintar" Kearifan Lokal yang hampir punah.
29 Juli 2013 | 122 Kali
Badan Permusyawaratan Desa
29 Juli 2013 | 120 Kali
Kontak Kami
30 April 2014 | 92 Kali
LKMD
02 Maret 2023 | 258 Kali
Penetapan APBDes Desa Gentong Tahun 2023 Berjalan Lancar dan Sukses
30 April 2014 | 98 Kali
Karang Taruna

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jl. Raya Jogorogo Ngawi KM-20
Desa : Gentong
Kecamatan : Paron
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63252
Telepon :
Email :